Makalah identitas naional,kewarganegaraan - Kumpulan
Headlines News :
Home » » Makalah identitas naional,kewarganegaraan

Makalah identitas naional,kewarganegaraan

Written By Unknown on Jumat, 23 November 2012 | 09.30


Makalah Identitas Nasional | Pendidikan Kewarganegaraan
Bab I
Pendahuluan

A.          Latar Belakang
Bagi Bangsa Indonesia Dimensi Dinamis Identitas Nasional Indonesia Belum Menunjukkan Perkembangan Ke Arah Sifat Kreatif Serta Dinamis. Setelah Bangsa Indonesia Mengalami Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Berbagai Perkembangan Ke Arah Kehidupan Kebangsaan Dan Kenegaraan Mengalami Kemerosotan Dari Segi Identitas Nasional. Pada Masa Mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia Dihadapkan Pada Kemelut Kenegaraan, Sehingga Tidak Membawa Kemajuan Bangsa Dan Negara. Kajian Menyeluruh Tentang Identitas Nasional Akan Dibahas Di Dalam Makalah Ini Pada Bab Pembahasan.
B.           Tujuan
Tujuan Dalam Penulisan Makalah Ini Adalah Untuk Menambah Pengetahuan Tentang Identitas Nasional Bangsa Indonesia Dan Diharapkan Bermanfaat Bagi Kita Semua Khususnya Bagi Pembaca Makalah Ini.
C.          Metode Penulisan
          Penulis Mempergunakan Metode Kepustakaan. Cara-Cara Yang Digunakan Yaitu Studi Pustaka Dengan Membaca Buku-Buku Yang Berkaitan Dengan Penulisan Makalah Ini.





Bab Ii

Pembahasan


A.    Pengertian Identitas Nasional

Eksistensi Suatu Bangsa Pada Era Globalisasi Sekarang Ini Mendapat Tantangan Yang Sangat Kuat, Terutama Karena Pengaruh Kekuasaan Internasional. Menurut Berger Dalam The Capitalis Revolution, Era Globalisasi Sekarang Ini Ideology Kapitalislah Yang Akan Menguasai Dunia. Kapitalisme Telah Mengubah Masyarakat Satu Per Satu Dan Menjadi Sistem Internasional Yang Menentukan Nasib Ekonomi Sebagian Besar Bangsa-Bangsa Di Dunia, Dan Secara Tidak Langsung Juga Nasib, Sosial, Politik Dan Kebudayaan. Perubahan Global Ini Menurut Fukuyama Membawa Perubahan Suatu Ideologi, Yaitu Dari Ideologi Partikular Ke Arah Ideologi Universal Dan Dalam Kondisi Seperti Ini Kapitalismelah Yang Akan Menguasainya.
Dalam Kondisi Seperti Ini, Negara Nasional Akan Dikuasai Oleh Negara Transnasional, Yang Lazimnya Didasari Oleh Negara-Negara Dengan Prinsip Kapitalisme (Rosenau). Konsekuensinya Negara-Negara Kebangsaan Lambat Laun Akan Semakin Terdesak. Namun Demikian Dalam Menghadapi Proses Perubahan Tersebut Sangat Tergantung Kepada Kemampuan Bangsa Itu Sendiri. Menurut Toyenbee, Ciri Khas Suatu Bangsa Yang Merupakan Local Genius Dalam Menghadapi Pengaruh Budaya Asing Akan Menghadapi Challance Dan Response. Jikalau Challance Cukup Besar, Sementara Response Kecil, Maka Bangsa Tersebut Akan Punah Dan Hal Ini Sebagaimana Terjadi Pada Bangsa Aborigin Di Australiadan Bangsa Indian Di Amerika. Namun Demikian, Jikalau Challance Kecil, Sementara Response Besar, Maka Bangsa Tersebut Tidak Akan Berkembang Menjadi Bangsa Yang Kreatif. Oleh Karena Itu, Agar Bangsa Indonesia Tetap Eksis Dalam Menghadapi Globalisasi, Maka Harus Tetap Meletakkan Jati Diri Dan Identitas Nasional Yang Merupakan Kepribadian Bangsa Indonesia Sebagai Dasar Pengembangan Kreativitas Budaya Globalisasi. Sebagaimana Terjadi Di Berbagai Negara Di Dunia, Justru Dalam Era Globalisasi Dengan Penuh Tantangan Yang Cenderung Menghancurkan Nasionalisme, Muncullah Kebangkitan Kembali Kesadaran Nasional.
Istilah “Identitas Nasional” Secara Terminologis Adalah Suatu Ciri Yang Dimiliki Oleh Suatu Bangsa Yang Secara Filosofis Membedakan Bangsa Tersebut Dengan Bangsa Lain. Berdasarkan Pengertian Yang Demikian Ini, Maka Setiap Bangsa Di Dunia Ini Akan Memiliki Identitas Sendiri-Sendiri Sesuai Dengan Keunikan, Sifat, Ciri-Ciri Serta Karakter Dari Bangsa Tersebut. Demikian Pula, Hal Ini Juga Sangat Ditentukan Oleh Proses Bagaimana Bangsa Tersebut Terbentuk Secara Historis. Berdasarkan Hakikat Pengertian “Identitas Nasional” Sebagaimana Dijelaskan Di Atas, Maka Identitas Nasional Suatu Bangsa Atau Lebih Populer Disebut Sebagai Kepribadian Suatu Bangsa.
Pengertian Kepribadian Sebagai Suatu Identitas, Sebenarnya Pertama Kali Muncul Dari Para Pakar Psikologi. Manusia Sebagai Individu Sulit Dipahami Manakala Ia Terlepas Dari Manusia Lainnya. Oleh Karena Itu, Manusia Dalam Melakukan Interaksi Dengan Individu Lainnya Senantiasa Memiliki Suatu Sifat Kebiasaan, Tingkah Laku Sertakarakter Yang Khas Yang Membedakan Manusia Tersebut Dengan Manusia Lainnya. Namun Demikian, Pada Umumnya Pengertian Atau Istilah Kepribadian Sebagai Suatu Identitas Adalah Keseluruhan Atau Totalitas Dari Faktor-Faktor Biologis,Psikologis Dan Sosiologis Yang Mendasari Tingkah Laku Individu. Tingkah Laku Tersebut Terdiri Atas Kebiasaan, Sikap, Sifat-Sifat Serta Karakter Yang Berada Pada Seseorang Sehingga Seseorang Tersebut Berbeda Dengan Orang Yang Lainnya. Oleh Karena Itu, Kepribadian Adalah Tercermin Pada Keseluruhan Tingkah Laku Seseorang Dalam Hubungan Dengan Manusia Lain.
Jikalau Kepribadian Sebagai Suatu Identitas Dari Suatu Bangsa, Maka Persoalannya Adalah Bagaimana Pengertian Suatu Bangsa Itu. Bangsa Pada Hakikatnya Adalah Sekelompok Besar Manusia Yang Mempunyai Persamaan Nasib Dalam Proses Sejarahnya, Sehingga Mempunyai Persamaan Watak Atau Karakter Yang Kuat Untuk Bersatu Dan Hidup Bersama Serta Mendiami Suatu Wilayah Tertentu Sebagai Suatu “Kesatuan Nasional”. Para Tokoh Besar Ilmu Pengetahuan Yang Mengkaji Tentang Hakikat Kepribadian Bangsa Tersebut Adalah Dari Beberapa Disiplin Ilmu, Antara Lain Antropologi, Psikologi Dan Sosiologi. Tokoh-Tokoh Tersebut Antara Lain Margareth Mead, Ruth Benedict, Ralph Linton, Abraham Kardiner, David Riesman. Menurut Mead Dalam “Anthropology To Day” Misalnya, Bahwa Studi Tentang “National Character” Mencoba Untuk Menyusun Suatu Kerangka Pikiran Yang Merupakan Suatu Konstruksi Tentang Bagaimana Sifat-Sifat Yang Dibawa Oleh Kelahiran Dan Unsur-Unsur Ideotyncrotie Pada Tiap-Tiap Manusia Dan Patroon Umum Serta Patron Individu Dari Proses Pendewasaannya Diintegrasikan Dalam Tradisi Sosial Yang Didukung Oleh Bangsa Itu Sedemikian Rupa, Sehingga Nampak Sifat-Sifat Kebudayaan Yang Sama, Yang Menonjol Yang Menjadi Ciri Khas Suatu Bangsa Tersebut.
Demikian Pula Tokoh Antropologi Ralph Linton Bersama Dengan Pakar Psikologi Abraham Kardiner, Mengadakan Suatu Proyek Penelitian Tentang Watak Umum Suatu Bangsa Dan Sebagai Objek Penelitiannya Adalah Bangsa Maequesesas Dan Tanala, Yang Kemudian Hasil Penelitiannya Ditulis Dalam Suatu Buku Yang Berjudul “The Individual And His Society”. Dari Hasil Penelitian Tersebut Dirumuskan Bahwa Sebuah Konsepsi Tentang Basic Personality Structure. Dengan Konsepsi Itu Dimaksudkan Bahwa Semua Unsur Watak Sama Dimiliki Oleh Warga Masyarakat Tersebut, Karena Mereka Hidup Di Bawah Pengaruh Suatu Lingkungan Kebudayaan Selama Masa Tumbuh Dan Berkembangnya Bangsa Tersebut.
Linton Juga Mengemukakan Pengertian Tentang Status Personality, Yaitu Watak Individu Yang Ditentukan Oleh Statusnya Yang Didapatkan Dari Kelahiran Maupun Dari Segala Daya Upayanya. Status Personality Seseorang Mengalami Perubahan Dalam Suatu Saat, Jika Seseorang Tersebut Bertindak Dalam Kedudukannya Yang Berbeda-Beda, Misalnya Sebagai Ayah, Pegawai, Anak Laki-Laki, Pedagang, Dan Lain Sebagainya. Berdasarkan Pengertian Tersebut, Maka Dalam Halbasic Personality Structure Dari Suatu Masyarakat, Seorang Peneliti Harus Memperhatikan Unsur-Unsur Status Personality Yang Kemungkinan Mempengaruhinya.
Berdasarkan Uraian Di Atas, Maka Pengertian Kepribadian Sebagai Suatu Identitas Nasional Suatu Bangsa, Adalah Keseluruhan Atau Totalitas Dari Kepribadian Individu-Individu Sebagai Unsur Yang Membentuk Bangsa Tersebut. Oleh Karena Itu, Pengertian Identitas Nasional Suatu Bangsa Tidak Dapat Dipisahkan Dengan Pengertian “Peoples Character”, “National Character”, Atau “National Identity”. Dalam Hubungannya Dengan Identitas Nasional Indonesia, Kepribadian Bangsa Indonesia Kiranya Sangat Sulit Jikalau Hanya Dideskripsikan Berdasarkan Ciri Khas Fisik. Hal Ini Mengingat Bangsa Indonesia Itu Terdiri Atas Berbagai Macam Unsur Etnis, Ras, Suku, Kebudayaan, Agama, Serta Karakter Yang Sejak Asalnya Memang Memiliki Suatu Perbedaan. Oleh Karena Itu, Kepribadian Bangsa Indonesia Sebagai Suatu Identitas Nasional Secara Historis Berkembang Dan Menemukan Jati Dirinya Setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Namun Demikian, Identitas Nasional Suatu Bangsa Tidak Cukup Hanya Dipahami Secara Statis Mengingat Bangsa Adalah Merupakan Kumpulan Dari Manusia-Manusia Yang Senantiasa Berinteraksi Dengan Bangsa Lain Di Dunia Dengan Segala Hasil Budayanya. Oleh Karena Itu, Identitas Nasional Suatu Bangsa Termasuk Identitas Nasional Indonesia Juga Harus Dipahami Dalam Konteks Dinamis. Menurut Robert De Ventos Sebagaimana Dikutip Oleh Manuel Castells Dalam Bukunya, The Power Of Identity, Mengemukakan Bahwa Selain Faktor Etnisitas, Teritorial, Bahasa, Agama, Serta Budaya, Juga Faktor Dinamika Suatu Bangsa Tersebut Dalam Proses Pembangunan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Oleh Karena Itu, Identitas Nasional Bangsa Indonesia Juga Harus Dipahami Dalam Arti Dinamis, Yaitu Bagaimana Bangsa Itu Melakukan Akselerasi Dalam Pembangunan, Termasuk Proses Interaksinya Secara Global Dengan Bangsa-Bangsa Lain Di Dunia Internasional.

B.     Sejarah Budaya Bangsa Sebagai Akar Identitas Nasional

Bangsa Indonesia Terbentuk Melalui Suatu Proses Sejarah Yang Cukup Panjang. Berdasarkan Kenyataan Objektif Tersebut, Maka Untuk Memahami Jati Diri Bangsa Indonesia Serta Identitas Nasional Indonesia Maka Tidak Dapat Dilepaskan Dengan Akar-Akar Budaya Yang Mendasari Identitas Nasional Indonesia. Kepribadian, Jati Diri, Serta Identitas Nasional Indonesia Yang Terumuskan Dalam Filsafat Pancasila Harus Dilacak Dan Dipahami Melalui Sejarah Terbentuknya Bangsa Indonesia Sejak Zaman Kerajaan Kutai, Sriwijaya, Majapahit Serta Kerajaan Lainnya Sebelum Penjajahan Bangsa Asing Di Indonesia.
Nilai-Nilai Esensial Yang Terkandung Dalam Pancasila Yaitu: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan Serta Keadilan, Dalam Kenyataannya Secara Objektif Telah Dimiliki Oleh Bangsa Indonesia Sejak Zaman Dahulu Kala Sebelum Mendirikan Negara. Proses Terbentuknya Bangsa Dan Negara Indonesia Melalui Suatu Proses Sejarah Yang Cukup Panjang Yaitu Sejak Zaman Kerajaan-Kerajaan Pada Abad Ke Iv, Ke V, Kemudian Dasar-Dasar Kebangsaan Indonesia Telah Mulai Nampak Pada Abad Ke Vii, Yaitu Ketika Timbulnya Kerajaan Sriwijaya Di Bawah Wangsa Syailendra Di Palembang, Kemudian Kerajaan Airlangga Dan Majapahit Di Jawa Timur Serta Kerajaan-Kerajaan Lainnya. Proses Terbentuknya Nasionalisme Yang Berakar Pada Budaya Ini Menurut Yamin Diistilahkan Sebagai Fase Terbentuknya Nasionalisme Lama, Dan Oleh Karena Itu Secara Objektif Sebagai Dasar Identitas Nasionalisme Indonesia.
Dasar-Dasar Pembentukan Nasionalisme Modern Menurut Yamin Dirintis Oleh Para Pejuang Kemerdekaan Bangsa, Antara Lain Rintisan Yang Dilakukan Oleh Para Tokoh Pejuang Kebangkitan Nasional Pada Tahun 1908, Kemudian Dicetuskan Pada Sumpah Pemuda Pada Tahun 1928. Akhirnya, Titik Kulminasi Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Untuk Menemukan Identitas Nasionalnya Sendiri, Membentuk Suatu Bangsa Dan Negara Indonesia Tercapai Pada Tanggal 17 Agustus 1945 Yang Kemudian Diproklamasikan Sebagai Suatu Kemerdekaan Bangsa Indonesia.
Oleh Karena Itu, Akar-Akar Nasionalisme Indonesia Yang Berkembang Dalam Perspektif Sejarah Sekaligus Juga Merupakan Unsur-Unsur Identitas Nasional, Yaitu Nilai-Nilai Yang Tumbuh Dan Berkembang Dalam Sejarah Terbentunya Bangsa Indonesia.

C.    Faktor-Faktor Pendukung Kelahiran Identitas Nasional

Kelahiran Identitas Nasional Suatu Bangsa Memiliki Sifat, Ciri Khas Serta Keunikan Sendiri-Sendiri, Yang Sangat Ditentukan Oleh Faktor-Faktor Yang Mendukung Kelahiran Identitas Nasional Tersebut. Adapun Faktor-Faktor Yang Mendukung Kelahiran Identitas Nasional Bangsa Indonesia, Meliputi:
1.      Faktor Objektif, Yang Meliputi Faktor Geografis, Ekologis Dan Demografis,
2.      Faktor Subjektif, Yaitu Faktor Historis, Sosial, Politik, Dan Kebudayaan Yang Dimiliki Bangsa Indonesia.
Robert De Ventos Mengemukakan Teori Tentang Munculnya Identitas Nasional Suatu Bangsa Sebagai Hasil Interaksi Historis Antara Empat Faktor Penting, Yaitu:
1.      Faktor Primer, Mencakup Etnisitas, Teritorial, Bahasa, Agama Dan Yang Sejenisnya. Bagi Bangsa Indonesia Yang Tersusun Atas Berbagai Macam Etnis, Bahasa, Agama Wilayah, Serta Bahasa Daerah, Merupakan Suatu Kesatuan Meskipun Berbeda-Beda Dengan Kekhasan Masing-Masing. Unsur-Unsur Yang Beraneka Ragam Yang Masing-Masing Memiliki Ciri Khasnya Sendiri-Sendiri Menyatukan Diri Dalam Suatu Persekutuan Hidup Bersama, Yaitu Bangsa Indonesia. Kesatuan Tersebut Tidak Menghilangkan Keberanekaragaman, Dan Hal Inilah Yang Dikenal Dengan Bhinneka Tunggal Ika.
2.      Faktor Pendorong, Meliputi Pembangunan Komunikasi Dan Teknologi, Lahirnya Angkatan Bersenjata Modern Dan Pembangunan Lainnya Dalam Kehidupan Negara. Dalam Hubungan Ini Bagi Suatu Bangsa, Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Serta Pembangunan Negaradan Bangsanya Juga Merupakan Suatu Identitas Nasional Yang Bersifat Dinamis. Oleh Karena Itu, Bagi Bangsa Indonesia Proses Pembentukan Identitas Nasional Yang Dinamis Ini Sangat Ditentukan Oleh Tingkat Kemampuan Dan Prestasi Bangsa Indonesia Dalam Membangun Bangsa Dan Negaranya. Dalam Hubungan Ini Sangat Diperlukan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa, Serta Langkah Yang Sama Dalam Memajukan Bangsa Dan Negara Indonesia.
3.      Faktor Penarik, Mencakup Kodifikasi Bahasa Dalam Gramatika Yang Resmi, Tumbuhnnya Birokrasi Dan Pemantapan Sistem Pendidikan Nasional. Bagi Bangsa Indonesia Unsur Bahasa Telah Merupakan Bahasa Persatuan Dan Kesatuan Nasional, Sehingga Bahasa Indonesia Telah Merupakan Bahasa Resmi Negara Dan Bangsa Indonesia. Bahasa Melayu Telah Dipilih Sebagai Bahasa Antar Etnis Yang Ada Di Indonesia, Meskipun Masing-Masing Etnis Atau Daerah Di Indonesia Telah Memiliki Bahasa Daerah Masing-Masing.
4.      Faktor Reaktif, Meliputi Penindasan, Dominasi, Dan Pencarian Identitas Alternatif Melalui Memori Kolektif Rakyat. Penderitaan Dan Kesengsaraan Hidup Serta Semangat Bersama Dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Merupakan Faktor Yang Sangat Strategis Dalam Membentuk Memori Kolektif Rakyat. Semangat Perjuangan, Pengorbanan, Menegakkan Kebenaran Dapat Merupakan Identitas Untuk Memperkuat Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Dan Negara Indonesia.

D.    Pancasila Sebagai Kepribadian Dan Identitas Nasional

Bangsa Indonesia Sebagai Salah Satu Bangsa Dari Masyarakat Internasional, Memiliki Sejarah Serta Prinsip Dalam Hidupnya Yang Berbeda Dengan Bangsa-Bangsa Lain Di Dunia. Tatkala Bangsa Indonesia Berkembang Menuju Fase Nasionalisme Modern, Diletakkanlah Prinsip-Prinsip Dasar Filsafat Sebagai Suatu Asas Dalam Hidup Berbangsa Dan Bernegara. Para Pensiri Negara Menyadari Akan Pentingnya Dasar Filsafat Ini, Kemudian Melakukan Suatu Penyelidikan Yang Dilakukan Oleh Badan Yang Akan Meletakkan Dasar Filsafat Bangsa Dan Negara Yaitu Bpupki. Prinsip-Prinsip Dasar Itu Ditemukan Olehpara Pendiri Bangsatersebut Yang Diangkat Dari Filsafat Hidup Atau Pandangan Umumbangsa Indonesia Yang Kemudian Diabstraksikan Menjadi Suatu Prinsip Dasar Filsafat Negara Yaitu Pancasila. Jadi, Dasar Filsafat Suatu Bangsa Dan Negara Berakar Pada Pandangan Hidup Yang Bersumber Kepada Kepribadiannya Sendiri. Menurut Titus, Hal Ini Merupakan Salah Satu Fungsi Filsafat Adalah Kedudukannya Sebagai Suatu Pandangan Hidup Masyarakat.
Dapat Pula Dikatakan Bahwa Pancasila Sebagai Dasar Filsafat Bangsa Dan Negara Indonesia Pada Hakikatnya Bersumber Kepada Nilai-Nilai Budaya Dan Keagamaan Yang Dimiliki Oleh Bangsa Indonesia Sebagai Kepribadian Bangsa. Jadi, Filsafat Pancasila Itu Bukan Muncul Secara Tiba-Tiba Dan Dipaksakan Oleh Suatu Rezim Atau Penguasa, Melainkan Melalui Suatu Fase Historis Yang Cukup Panjang. Pancasila Sebelum Dirumuskan Secara Formal Yuridis Dalam Pembukaan Uud 1945 Sebagai Dasar Filsafat Negara Indonesia, Nilai-Nilainya Telah Ada Pada Bangsa Indonesia, Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Suatu Pandangan Hidup, Sehingga Materi Pancasila Yang Berupa Nilai-Nilai Tersebut Tidak Lain Adalah Dari Bangsa Indonesia Sendiri. Dalam Pengertian Seperti Ini, Menurut Notonegoro, Bangsa Indonesia Adalah Sebagai Kausa Materialis Pancasila. Nilai-Nilai Tersebut Kemudian Diangkat Dan Dirumuskan Secara Formal Oleh Para Pendiri Negara Untuk Dijadikan Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Proses Perumusan Materi Pancasila Secara Formal Tersebut Dilakukan Dalam Sidang-Sidang Bpupki Pertama, Sidang “Panitia 9”, Sidang Bpupki Kedua, Serta Akhirnya Disahkan Secara Formal Yuridis Sebagai Dasar Filsafat Negara Republik Indonesia.





Bab Iii
Penutup

A.    Kesimpulan

Pencarian Identitas Nasional Bangsa Indonesia Pada Dasarnya Melekat Erat Dengan Perjuangan Bangsa Indonesia Untuk Membangun Bangsa Dan Negara Dengan Konsep Nama Indonesia. Bangsa Dan Negara Indonesia Ini Dibangun Dari Unsur-Unsur Masyarakat Lama Dan Dibangun Menjadi Suatu Kesatuan Bangsa Dan Negara Dengan Prinsip Nasionalisme Modern. Oleh Karena Itu, Pembentukan Identitas Nasional Indonesiamelekat Erat Dengan Unsur-Unsur Lainnya, Seperti Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, Agama Serta Geografis, Yang Saling Berkaitan Dan Terbentuk Melalui Suatu Proses Yang Cukup Panjang.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

naruto

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kumpulan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template