pengertian media - Kumpulan
Headlines News :
Home » » pengertian media

pengertian media

Written By Meddy kusmadi on Jumat, 23 November 2012 | 07.46


Pengertian Media
            Kata Media Berasal Dari Kata Bahaa Latin Medius Yang Secara Harfiah Berarti  Tengah, Perantara Atau Penghantar
Dalam Bahasa Arab, Media Adalah Perantara Atau Penghantar  Dari Pengirim Kepada Penerima Pesan. Gerlach Dan Ely Mengemukakan Bahwa Media Apabila Di Pahami Secara Garis Besar Adalah Manusia, Materi, Atau Kejadian Yang Membangun Kondisi Yang Membuat Siswa Mampu Memperoleh Pengetahuan Keterampilan, Atau Sikap. Dalam Pengetian Ini Guru, Buku Teks, Dan Lingkungan Sekolah Merupakan Media Dalam Proses Belajar Mengajarcenderung Diartikan Sebagai Alat-Alat Grafis,Photografis, Atau Elektronik Untuk Menangkap,Memproses, Dan Menyusun Kembali Informasi Visual Atau Verbal.
            Batasn Media Telah Pula Di Kemukakan Oleh Para Ahli Yang Sebagian Di Antaranya Akan Di Berikan Berikut Ini. Aect (Association Of Education Communication Technologi ,1997) Memberi Batasan Tentang Media Sebagai Segala Bentuk Dan Saluran Yang Di Gunakanuntuk Menyampaikan Pesan Atau Informasi. Di Samping Sebagai Sistem Penyampaiatau Penghantar, Media Yang Sering Di Ganti Dengan Kata Mediator Menurut Fleming (1987:234) Adalah Penyebab Atu Alat Yang Turut Campur Tangan Dalam Dua Pihak Dan Mendamaikannya. Dengan Istilah Mediator Media Menunjukan Fungsi Atau Perannya, Yaitu Mengatur Hubungan Yang Efektif Antara Dua Pihak Utama Dalam Proses Belajar Siswa Dan Isi Pelajaran. Disamping  Itu, Mediator Dapat Pula Mencerminkan Pengertian Bahwa Setiap Sistem Pembelajaran Yang Melakukan Peran Mediasi, Mulai Dari Guru Sampai Kepada Peralatan Paling Canggih, Dapat Disebut Media. Ringkasan, Media Adalah Alat Yang Memyampaikan Atau Menghantarkan Pesan-Pesan Pembelajaran. 
Heinich, Dan Kawan-Kawan (1982) Mengemukakan Istilah Medium Sebagai Perantara Yang Menghantar Informasi Antara Sumber Dan Penerima. Jadi, Televisi, Film, Foto, Radio, Rekaman Audio, Gambar Yang Memproyeksikan Bahan-Bahan  Cetakan, Dan Sejenisnya Adalah Media Komunikasi.

            Apabila Media Itu Membawa Pesan-Pesan  Atau Informasi Yang Bertujuan Instruksional Atau Mengandung Maksud-Maksud Pengajaran Maka Media Itu Di Sebut Media Pembelajaran. Sejalan Dengan Batasan Ini,Hamidjojo Dalam Latuheru (1993) Memberi Batasan Media Sebagai Semua Bentuk Perantara Yang Di Gunakan Gagasan, Atau Pendapat Sehingga Ide, Gagsan Atau Pendapat Yang Di Kemukakan Itu Sampai Kepada Penerima Yang Di Tuju.
Acapkali Kata Media Pendidikan Digunakan Secara Bergantian Dengan Istilah Alat Bantu Atau Media Komunikasi Seperti Yang Di Kemukakan Oleh Hamalik (1986) Dimana Dia Melihat Bahwa Hubungan Komunikasi Akan Berjalan Lancar Dengan Hasil Yang Maksimal Apabila Mengunakan Alat Bantu Yang Maksimal Apabila Mengunakan Alat Bantu Yang Disebut Media Komunikasi  Sementara Itu, Gagne’ Dan Briggs (1997) Secara Implisit Mengatakan Bahwa Media Pembelajaran Meliputi Alat Yang Secara Fisik Digunakan Untuk Menyampaikan Isi Materi Pengajaran, Yang Terdiri  Dari Antara Lain Buku, Tape Recorder, Kaset, Video Camera, Videorecorder, Film, Slide (Gambarbingkai), Foto, Gambar, Grafik, Televisi, Dan Komputer.
Dengan Kata Lain, Media Adalah Komponen Sumber Belajar Atau Wahana Fisik Yang Mengandung Materi Instruksional Di Lingkungan Siswa Yang Dapat Merangsang Siswa Untuk Belajar. Di Lain Pihak, National Education Association Memberikan Definisi Media Sebagai Bentuk-Bentuk Komunikasi Baik Tercetak Maupun Audio-Visual Dan Peralatannya; Dengan Demikian, Media Dapat Dimanipulasi, Dilihat, Di Dengar, Atau Dibaca.
Istilah “Media” Bahakan Sering Dikaitkan Atau Di Pergantikan Dengan Kata “Teknologi” Yang Berasal Dari Kata Latin Tekne  ( Bahasa Inggris Art) Dan Logos (Bahsa Indonesia “Ilmu”).
Menurut Webster (1993:105), “Art” Adalah Keterampilan (Skill) Yang Di Peroleh Lewat Pengalaman, Studi Dan Observasi. Dengan Demikan, Teknologi Tidak Lebih Dari Sutu Ilmu Yang Membahas Tentang Keterampilan Yang Diproleh Lewat Pengalaman, Studi, Dan Observasi. Bila Di Hubungkan Dengan Pendidikan Dan Pembelajaran.

  Perluasaan Konsep Tentang Media, Dimana Teknologi Bukan Sekedar Benda, Alat, Bahan Atau Perkaksas, Tetapi Tersimpul Pula Sikap, Perbuatan, Organisasi Dan Manajemen Yang Berhubungan Dengan Penerapan Ilmu.
( Achsin,1986:10)
Erat Hubungannya Dengan Istilah “Teknologi”, Kita Juga Mengenal Kata Teknik. Teknik Dalam Bldang Pembelajaran Bersifat Apa Yang Sesungguhnya Terjadi Antara Guru Dan Murid. Ia Merupakan Suatu Strategi Khusus (Anthony, 1963: 96). Bahkan Richard Dan Rodgers (1982: 154) Menjelaskan Pula Bahwa “Teknik” Adalah Prosedur Dan Praktek Yang Sesungguhnya Dalam Kelas. Dari Sini, Tampak Jelas Bahwa “Teknologi” Bukanlah Hanya Perbuatan Kapal Tentang Model Mutakhir Dan Semisalnya Saja, Tetapi Melipat-Lipat Kertas Jadi Kapal Terbang Mainan Itu Juga Hasil Teknologi; Karena Itu Juga Merupakan Suatu Keterampilan Dan Seni (Skill). Barang Kali Inilah Yang Menyebabkan Beberapa Kalangan Lantas Memebagi Pengetian Teknologi Tinggi Memjadi Dua Macam; Yang Disebut Teknologi Tinggi (Canggih), Ada Pula Yang Disebut Teknologi Tradisional. Teknologi  Pembelajaran Agama Sementara Masih Heavy  Kewawasan Pengertian Teknologi Tradisional.

Dengan Demikian,Kalau Ada Teknologi Pembelajaran Agama Islam Misalnya, Maka Itu Akan Membahas Masalah Bagaimana Kita Memakai Media Dan Alat Bantu Dalam Proses Mengajar Agama, Akan Membahas Masalah Keterampilan, Sikap, Perbuatan, Dan Strategi Mengajarakan Agama.
Dalam Kegiatan Belajar Mengajar, Sering Pula Pemakaian Kata Media Pembelajaran Atau Di Gantikan Dengan Istilah-Istilah Seperti Alat Pandang Dengar, Bahan Pengajaran (Instructional Material), Komunikasi Pandang Dengar (Audio-Visual Communication), Pendididkan Alat Peraga Pandang (Visual Education), Teknologi Pendidikan (Education Tecnology), Alat Peraga Dan Media Penjelasan.


Berdasarkan Uraian Beberapa Batasan Tentang Media Di Atas, Berikut Dapat Di Kemukakan Ciri-Ciri Umum Yang Terkandung Pada Setiap Batasan Tersebut.
1.      Media Pendidikan Memiliki Pengertian Fisik Dewas Yang Ini Di Kenal Sebagai Hardware (Perangkat Keras), Yaitu Benda Yang Dapat Dilihat, Di Dengar, Atau Di Raba Dengan Panca Indera.
2.      Media Pendidikan Memiliki Pengertian Nonfisik Yang Di Kenal Sebagai Software (Perangkat Lunak), Yaitu Kandungan Pesan Yang Terdapat Dalam Perangkat Keras Yang Merupakan Isi Yang Ingin Disampaikan Kepad Siswa.
3.      Penekanan Media Pendidikan Terdapat Pada Visual Dan Audio.
4.      Media Pendidikan Memiliki Pengertian Alat Bantu Pada Proses Belajar Baik Di Dalam Maupun Di Luar Kelas.
5.      Media Pendidikan Digunakan Dalam Rangka Komunikasi Dan Interaksi Guru Dan Sisiwa Dalam Proses Pembelajaran.
6.      Media Pendidkan Dapat Di Gunakan Secara Massal (Misalnya: Radio, Televisi), Kelompok Besar Dan Kelompok Kecil (Misalnya Film, Slide, Video, Ohp), Atau Perorangan (Misalnya: Modul, Komputer, Radio, Tape/Kaset, Video Recorder).
7.      Sikap, Perbuatan, Organisasi, Strategi, Dan  Yang Berhubungan Dengan Penerapan Sautu Ilmu.





                        Landasan teoretis pengunaan media
Pemerolehan pengetahuan dan keterampilan, perubahan-perubahan sikap dan perilaku dapat terjadi karena interaksi anatara pengalaman baru dengan pengalaman yang pernah di alaminya sebelumnya. Menurut Bruner ( 1966):10-11 ) ada tiga tingkatan untuk modus belajar, yaitu pengalaman langsung ( enacative ), pengalaman piktorial/gambar                 ( iconic ) dan pengalaman abstrak ( symbolic ).




















            Menurut Saya Media Gambar Sangat Relevan Dengan Tujuan/Sasaran Belajar
Kederhanaannya (Rapih, Teratur, Tidak Bercampur Dengan Bahan Yang Tidak Relevan, Objek Yang Tidak Perlu, Atau Latar Belakang Yang Mengganggu. Tidak Ketinggalan Zaman ( Mode Yang Kuno Dapat Mengundang Tawa Dan Menyebabkan Siswakehilangan Maksud Pesan Gambar. Skala (Ukuran Relatif Suatu Objek Harus Tampak Dari Gambar. Objek Yang Biasa Dapat Memberikan Perbandingan Skala Ukuran Benda / Objek Yang Asing.

            Menurt Saya Media Grafis Adalah Relevan Dengan Tujuan Kurikuler. Warna                  (Menarik Perhatian, Informasi Verbal (Memperkuat Gagasan Yang Terkandung Dalam Grafik)
Slide ( Gambar Bingkai  )
Dapat Membangkitkan Minat Dan Perhatian Siswa. Kualitas Teknis, Memberikan Latihan Dan Partisipasi Yang Relevan Dengan Tujuan Kurikuler Dan Sasaran Belajar Terfokus Dengan Jelas Pada Tujuannya, Terbukti Efektif ( Yaitu Dengan Uji Coba Di Lapangan, Memeberikan Petunjuk Untuk Tidak Lanjut, Diskusi.

Kaset Tape , Radio Program
Ialah Kaset Yang Di Hasilkan Atau Di Produksi Sendiri Harus Mempertimbangkan Pula Beberapa Aspek Di Samping Aspek-Aspek Yang Telahdi Kemukakan Di Atas, Aspek Tersebut Ialah
Ø  Suara Gangguan Pada Latar Belakang Harus Ditekan Seminimal Mungkin.
Ø  Tingkat Suara Yang Konstan.
Ø   Kualitas Dan Kejelasan Suara Dan Ucapan.
Ø  Kejelasan Ungkapan.
Ø  Nada Biasa / Percakapan
Ø  Koordinasi Dengan Lembaran Kerja Atau Penutupan Kerja
Ø   Isi Jelas.
Ø  Waktunya Tidak Terlalu Panjang Dan Tidak Pula Terlalu Pendek.
Ø   Siswa Sudah Mengenal Benda Yang Dapat Dalam Rekaman Audio.
Ø  Membicarakan Konsep Naskah Dengan Ahli Di Bidangnya
Ø  Waktu Cukup Untuk Penyiapan Semua Bahan-Bahan. 





Untuk Progarm Pengembangan Media, Sebaiknya Masukan Dari Siswa Sangat Di Perlukan.
Masukan Tersebut Berhubungan Dengan Aspek Kognitif , Lingkungan Belajar, Afektif,Dan Pendapat / Ekspektasi. Berikut Adalah Salah Satu Informasi Dari Pemakaian Media Pembelajaran Komputer.
Komputer Susaha Di Gunakan, Saya Kira Saya Dapat Belajar Banyak Dari Program Komputer Ini, Saya Lebih Senang Memepelajari Pelajaran Ini Dalam Kelas Biasa Dari Pada Dengan Komputer, Saya Ingin Belajar Lebih Banyhak Lagi, Saya Banyak Belajar Dsri Komputer, Pelajaran Ini Telah Mendorong Saya Untuk Mengembangkan Keterampilan Dasar Saya, Sebaiknya Program Pelajaran  Komputer Terus Di Kembangkan, Saya Dapat Mengunakan Apa Yang Telah Saya Pelajari Dari Komputer Dalam Kehidupan Sehari-Hari Saya.
            Saya Senang Mengunakan Komputer, Pelajaran Ini Menantang Saya Agar Saya Melakukan Yang Terbaik, Saya Ingin Belajar Lebih Banyak Lagi Melalui Komputer, Komputer Bersedia Kapan Saja Saya Menginginkannya, Komputer Memberi Saya Kesempatan Untuk Bekerja Sesuai Dengan Kecepatan Saya, Saya Mencba Untuk Menyelesaikan Pelajaran Komputer, Seseorang Selalu Ada Untuk Selalu Membantu Sya Ketika Ada Kerusakan Komputer Atau Maslah  Lain-Lain


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

naruto

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kumpulan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template