SUNATULLAH,
MU’JIZAT, KAROMAH, SIHIR
BAB1
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Latar Belakang
Didalam
Islam terdapat sebuah keajaiban yang diberikan kepada hamba Allah yang takwa
seperti sunatullah,mu’jizat,karomah,sihir
Dan yang dimaksud dengan sunatullah,mu’jizat,karomah,sihir
Dan yang dimaksud dengan sunatullah,mu’jizat,karomah,sihir
Bukan
berarti melemahkan manusia artinya memberi pengertian kepada mereka dengan
kelemahannya untuk mendatangkan kyakinan karena hal itu telah dimaklumi oleh
setiap orang yang berakal tetapi maksudnya adalah untuk menjelaskan bahwa sunatullah,mu’jizat,karomah,sihir
untuk membuat mereka yakin akan keberadaan Allah.
Tujuannya hanya untuk melahirkan kebenaran mereka menetapkan bahwa yang mereka bawa adalah semata-mata pemberian dari Dzat Yang Maha Bijaksana dan diturunkan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.
Tujuannya hanya untuk melahirkan kebenaran mereka menetapkan bahwa yang mereka bawa adalah semata-mata pemberian dari Dzat Yang Maha Bijaksana dan diturunkan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.
Mereka
hanyalah menyampaikan risalah Allah dan tiada lain tugasnya hanya memberitahukan
dan menyampaikan. Oleh karena itu mu'jizat karomah,maunah dan irhash, adalah
dalil-dalil dari Allah SWT. kepada hamba-Nya untuk membenarkan rasul-rasul dan
nabi-nabi.
Dari latar belakang diatas,
maka dapat dirumuskan sebagai berikut :
a. Apa yang dimaksud dengan sunatullah?
b. Apa pengertian dari mu’jizat?
c. Apa penjelasan dari karomah?
d. Apa yang dimaksud dengan sihir?
a. Apa yang dimaksud dengan sunatullah?
b. Apa pengertian dari mu’jizat?
c. Apa penjelasan dari karomah?
d. Apa yang dimaksud dengan sihir?
Dari rumusan masalah diatas maka dapat di batasi dari pembahasannya sebagai berikut :
a. Menjelaskan makna sunatullah.
b. Menjelaskan makna mu’jizat,
c. Menjelaskan makna karomah.
d. Menjelaskan tentang sihir.
BAB II
PEMBAHASAN
SUNATULLAH, MU’JIZAT, KAROMAH, SIHIR,
Pengertian Sunatullah
Alam ialah apa saja yang bukan Allah. Yang ada itu hanya dua yaitu alam dan Allah. Alam ialah yang diciptakan sedangkan Allah ialah Pencipta.
PEMBAHASAN
SUNATULLAH, MU’JIZAT, KAROMAH, SIHIR,
Pengertian Sunatullah
Alam ialah apa saja yang bukan Allah. Yang ada itu hanya dua yaitu alam dan Allah. Alam ialah yang diciptakan sedangkan Allah ialah Pencipta.
Alam
semesta itu telah diciptakan Allah menurut hukum-hukum pasti dan tetap. Yang
dalam bahasa ilmu disebut hukum alam dan dalam Islam disebut sunatullah.
Sebagaimana alam semesta demikian pula seluruh isinya termasuk manusia telah terikat dan berada dalam suatu hukum serba tetap.
Sebagaimana alam semesta demikian pula seluruh isinya termasuk manusia telah terikat dan berada dalam suatu hukum serba tetap.
Sunatullah Ciri Dan Sifat-Sifatnya
Hukum Allah pada makhluknya ada dua macam yang tertulis dan tidak tertulis. Hukum Allah yang tertulis ialah yang diwahyukan-Nya kepada Nabi dan Rasul yang terhimpun menjadi kitab suci yang terakhir ialah Al-Qur’an.
Hukum Allah pada makhluknya ada dua macam yang tertulis dan tidak tertulis. Hukum Allah yang tertulis ialah yang diwahyukan-Nya kepada Nabi dan Rasul yang terhimpun menjadi kitab suci yang terakhir ialah Al-Qur’an.
Ciri khas
hukum Allah ini ialah reaksi waktunya lebih panjang mungkin lebih panjang dari
usia manusia, dan tidak dapat diketahui dengan jalan eksperimen menurut
persyaratan ilmu. Umpamanya orang yang beriman yang beribadah dan yang bertakwa
dijanjikan kehidupan yang baik kesejahteraan dan kebahagiaan.
Sebaliknya orang
yang aniaya yang munafik yang kafir dan semisalnya diancam hukuman kehinaan dan
kebinasaan. Hukum Allah pasti berlaku yaitu kebaikan atas mereka yang taat
kepada Allah dan kehinaan atas mereka yang durhaka pada Allah. Hukum Allah ini
diwahyukan karena mungkin reaksi
waktunya lebih panjang dari umur manusia sehingga tidak dapat dibuktikan dengan
jalan eksperimen. ciri khas lainnya dari hukum Allah ialah melibatkan manusia.
Hikmahnya
agar manusia menggunakan anugrah Allah yang bernama akal mengadakan pengembangan ilmu dan teknologi.
Dan sekiranya Allah mewahyukan hukum-hukum-Nya itu tentulah manusia menjadi
bodoh dan seberapa tebalnya kitab yang menghimpun hukum-hukum .
Pengertian
Mukjizat
Kata mukjizat diambil dari bahasa Arab ‘ajaza yang berarti lemah atau tua. Pelakunya dinamakan mukjiz dan pihak yang mampu melemahkan pihak lain sehingga mampu membungkamkan lawan dinamakan mukjizat.
Mukjizat didefenisikan oleh para pemeluk agama Islam sebagai suatu hal atau peristiwa luar biasa yang terjadi melalui seorang yang mengaku nabi sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada orang-orang yang ragu untuk melalukan atau mendatangkan hal serupa tetapi mereka tidak mampu melayani tantangan itu.
Dengan redaksi yang berbeda mukjizat di definisikan pula sebagai sesuatu luar biasa yang diperlihatkan Allah melalui para nabi dan Rasulnya sebagai bukti atas kebenaran pengakuan kenabian dan kerasulannya.
suatu kejadian yang keluar dari kebiasaan disertai dengan unsur tantangan dan tidak akan ditandingi.
Unsur-unsur yang terdapat pada mukjizat sebagaimana dijelaskan oleh Quraish Shihab adalah sebagai berikut:
1. Hal peristiwa yang luar biasa
2. Terjadi atau di paparkan oleh seorang yang mengaku nabi
3. Mengandung tantangan terhadap yang meragukan kenabian
4. Tantangan tersebut tidak mampu atau gagal dilayani.
Kata mukjizat diambil dari bahasa Arab ‘ajaza yang berarti lemah atau tua. Pelakunya dinamakan mukjiz dan pihak yang mampu melemahkan pihak lain sehingga mampu membungkamkan lawan dinamakan mukjizat.
Mukjizat didefenisikan oleh para pemeluk agama Islam sebagai suatu hal atau peristiwa luar biasa yang terjadi melalui seorang yang mengaku nabi sebagai bukti kenabiannya yang ditantangkan kepada orang-orang yang ragu untuk melalukan atau mendatangkan hal serupa tetapi mereka tidak mampu melayani tantangan itu.
Dengan redaksi yang berbeda mukjizat di definisikan pula sebagai sesuatu luar biasa yang diperlihatkan Allah melalui para nabi dan Rasulnya sebagai bukti atas kebenaran pengakuan kenabian dan kerasulannya.
suatu kejadian yang keluar dari kebiasaan disertai dengan unsur tantangan dan tidak akan ditandingi.
Unsur-unsur yang terdapat pada mukjizat sebagaimana dijelaskan oleh Quraish Shihab adalah sebagai berikut:
1. Hal peristiwa yang luar biasa
2. Terjadi atau di paparkan oleh seorang yang mengaku nabi
3. Mengandung tantangan terhadap yang meragukan kenabian
4. Tantangan tersebut tidak mampu atau gagal dilayani.
Macam-Macam
Mukjizat.
Secara garis besar mukjizat dapat dibagi dalam dua bagian pokok yaitu mukjiat yang bersifat material indrawi yang tidak kekal dan mukjizat immaterial logis dan dapat dibuktikan sepanjang masa. Mukjizat nabi-nabi terdahulu merupakan jenis pertama. Mukjizat mereka bresifat material dan indrawi dalam arti keluarbiasaan tersebut dapat disaksikan atau dijangkau langsung lewat indra oleh masyarakat tempat mereka menyampaikan risalahnya.
Secara garis besar mukjizat dapat dibagi dalam dua bagian pokok yaitu mukjiat yang bersifat material indrawi yang tidak kekal dan mukjizat immaterial logis dan dapat dibuktikan sepanjang masa. Mukjizat nabi-nabi terdahulu merupakan jenis pertama. Mukjizat mereka bresifat material dan indrawi dalam arti keluarbiasaan tersebut dapat disaksikan atau dijangkau langsung lewat indra oleh masyarakat tempat mereka menyampaikan risalahnya.
Tujuan dan fungsi mukjizat
Mukjizat memiliki fungsi sebagai bukti kebenaran para nabi. Namun demikian bagi yang telah percaya kepada kenabian maka mukjizat akan berfungsi untuk memperkuat iman serta menambah keyakinan akan kekuasaan Allah SWT.
Mukjizat memiliki fungsi sebagai bukti kebenaran para nabi. Namun demikian bagi yang telah percaya kepada kenabian maka mukjizat akan berfungsi untuk memperkuat iman serta menambah keyakinan akan kekuasaan Allah SWT.
Pengertian
Karomah
Karomah menurut bahasa lughoh sama dengan Aza-zah artinya kemuliaan . Pengertian karomah menurut Syeck Ibrahim Al Bajuri dalam kitabnya bahwa karomah adalah sesuatu luar biasa yang tampak dari kekuasaan seorang hamba yang telah jelas kebaikannya yang diteyapkan karena adanya ketekunan didalam mengikuti syariat nabi.
Karomah menurut bahasa lughoh sama dengan Aza-zah artinya kemuliaan . Pengertian karomah menurut Syeck Ibrahim Al Bajuri dalam kitabnya bahwa karomah adalah sesuatu luar biasa yang tampak dari kekuasaan seorang hamba yang telah jelas kebaikannya yang diteyapkan karena adanya ketekunan didalam mengikuti syariat nabi.
Menurut
Hakim At-Tirmidz Adapun yang dimaksud karamah kemuliaan kehormatan.penghargaan
dan persahabatan yang dimiliki para wali Allah berkat penghargaan kecintaan dan
pertolongan Allah kepada mereka.
Karamah secara bahasa adalah kemuliaan namun secara istilah dalam agama maka banyak makna yg berbeda yaitu pada muamalah karamah adalah orang yg mulia dan dermawan pada karamah adalah kelebihan yang Allah berikan pada orang yg shalih berupa keajaiban. Imam Qusyairi menjelaskan karomah sebagai penampakan karomah merupakan tanda-tanda kebenaran sikap dan kelakuan seseorang.
Karamah secara bahasa adalah kemuliaan namun secara istilah dalam agama maka banyak makna yg berbeda yaitu pada muamalah karamah adalah orang yg mulia dan dermawan pada karamah adalah kelebihan yang Allah berikan pada orang yg shalih berupa keajaiban. Imam Qusyairi menjelaskan karomah sebagai penampakan karomah merupakan tanda-tanda kebenaran sikap dan kelakuan seseorang.
Barangsiapa
yang tidak benar sikap dan kelakuannya maka tidak dapat menunjukkan
kekaromahannya. Dan Allah yang maha Qodim memberi tahu kepada kita agar
membedakan orang yang benar dan mana yang batil.
Istilah
karomah berasal dari bahasa Arab Secara bahasa berarti mulia Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia yang mengistilahkan karomah dengan keramat diartikan
suci dan dapat mengadakan sesuatu diluar kemampuan manusia biasa karena
ketaqwaanya kepada Tuhan.
Karomah
adalah perkara luar biasa yang tampak pada seorang wali yang tidak disertai
dengan pengakuan seorang Nabi.
Pengertian Sihir
Sihir Menurut Bahasa.
Al-Laits mengatakan Sihir adalah suatu perbuatan yang dapat mendekatkan diri kepada syaitan dengan bantuannya.
Al-Laits mengatakan Sihir adalah suatu perbuatan yang dapat mendekatkan diri kepada syaitan dengan bantuannya.
Al-Azhari mengemukakan Dasar pokok
sihir adalah memalingkan sesuatu dari hakikat yang sebenarnya kepada yang
lainnya . Seakan-akan tukang sihir memperlihatkan kebathilan dalam wujud
kebenaran dan menggambarkan sesuatu tidak seperti hakikat yang sebenarnya.
Dengan
demikian dia telah menyihir sesuatu dari hakikat yang sebenarnya atau
memalingkannya.
Syamir meriwayatkan dari Ibnu Aisyah dia mengatakan Orang Arab menyebut sihir itu dengan kata as-Sihr karena ia menghilangkan kesehatan menjadi sakit.
Ibnu Faris mengemukakan Sihir berarti menampakkan kebathilan dalam wujud kebenaran. Di dalam kitab Al Mu’jamul Wasiith disebutkan Sihir adalah sesuatu yang dilakukan secara lembut dan sangat terselubung. Sedangkan didalam kitab Muhiithul Muhiith disebutkan, Sihir adalah tindakan memperlihatkan sesuatu dengan penampilan yang paling bagus, sehingga bisa menipu manusia.
Syamir meriwayatkan dari Ibnu Aisyah dia mengatakan Orang Arab menyebut sihir itu dengan kata as-Sihr karena ia menghilangkan kesehatan menjadi sakit.
Ibnu Faris mengemukakan Sihir berarti menampakkan kebathilan dalam wujud kebenaran. Di dalam kitab Al Mu’jamul Wasiith disebutkan Sihir adalah sesuatu yang dilakukan secara lembut dan sangat terselubung. Sedangkan didalam kitab Muhiithul Muhiith disebutkan, Sihir adalah tindakan memperlihatkan sesuatu dengan penampilan yang paling bagus, sehingga bisa menipu manusia.
Sihir
Dalam Istilah Syari’at.
Fakhruddin ar-Razi mengemukakan Menurut istilah Syari’at sihir hanya khusus berkenaan dengan segala sesuatu yang sebabnya tidak terlihat dan digambarkan tidak seperti hakikat yang sebenarnya serta berlangsung melalui tipu daya.
Ibnu Qudamah Al-Maqdisi mengatakan Sihir adalah ikatan-ikatan jampi-jampi perkataan yang dilontarkan secara lisan maupun tulisan atau melakukan sesuatu yang mempengaruhi badan hati atau akal orang yang terkena sihir tanpa berinteraksi langsung dengannya. Sihir ini mempunyai hakikat diantaranya ada yang bisa mematikan, membuat sakit membuat seorang suami tidak dapat mencampuri istrinya atau memisahkan pasangan suami istri atau membuat salah satu pihak membenci lainnya atau membuat kedua belah pihak saling mencintainya.
Fakhruddin ar-Razi mengemukakan Menurut istilah Syari’at sihir hanya khusus berkenaan dengan segala sesuatu yang sebabnya tidak terlihat dan digambarkan tidak seperti hakikat yang sebenarnya serta berlangsung melalui tipu daya.
Ibnu Qudamah Al-Maqdisi mengatakan Sihir adalah ikatan-ikatan jampi-jampi perkataan yang dilontarkan secara lisan maupun tulisan atau melakukan sesuatu yang mempengaruhi badan hati atau akal orang yang terkena sihir tanpa berinteraksi langsung dengannya. Sihir ini mempunyai hakikat diantaranya ada yang bisa mematikan, membuat sakit membuat seorang suami tidak dapat mencampuri istrinya atau memisahkan pasangan suami istri atau membuat salah satu pihak membenci lainnya atau membuat kedua belah pihak saling mencintainya.
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Secara Istilah Para ulama memberikan beberapa definisi tentang mu’jizat di antaranya;
- Mu’jizat adalah suatu perkara yg luar biasa dan tidak bisa ditandingi yg disertai degan tantangan dgn maksud membuktikan kebenaran seseorang yg mengaku bahwa diri adalah rasul.
- Ibnu Hamdan mendefinisikan Mu’jizat adalah suatu keluarbiasaan baik ucapan atau perbuatan jika diiringi dan tepat degan pengakuan kerasulan serta sesuai dengannya.
2. Pengertian karomah menurut Syeck Ibrahim Al Bajuri dalam kitabnya tuhfatul Muriid bahwa karomah adalah sesuatu luar biasa yang tampak dari kekuasaan seorang hamba yang telah jelas kebaikannya yang ditetapkan karena adanya ketekunan didalam mengikuti syariat nabi
3. Sihir adalah kesepakatan antara tukang sihir dan syaitan dengan ketentuan bahwa tukang sihir akan melakukan berbagai keharaman atau kesyirikan dengan imbalan pemberian pertolongan syaitan kepadanya dan ketaatan untuk melakukan apa saja yang dimintanya.
PENUTUP
Kesimpulan
Dari pembahasan diatas maka dapat disimpulkan sebagai berikut.
1. Secara Istilah Para ulama memberikan beberapa definisi tentang mu’jizat di antaranya;
- Mu’jizat adalah suatu perkara yg luar biasa dan tidak bisa ditandingi yg disertai degan tantangan dgn maksud membuktikan kebenaran seseorang yg mengaku bahwa diri adalah rasul.
- Ibnu Hamdan mendefinisikan Mu’jizat adalah suatu keluarbiasaan baik ucapan atau perbuatan jika diiringi dan tepat degan pengakuan kerasulan serta sesuai dengannya.
2. Pengertian karomah menurut Syeck Ibrahim Al Bajuri dalam kitabnya tuhfatul Muriid bahwa karomah adalah sesuatu luar biasa yang tampak dari kekuasaan seorang hamba yang telah jelas kebaikannya yang ditetapkan karena adanya ketekunan didalam mengikuti syariat nabi
3. Sihir adalah kesepakatan antara tukang sihir dan syaitan dengan ketentuan bahwa tukang sihir akan melakukan berbagai keharaman atau kesyirikan dengan imbalan pemberian pertolongan syaitan kepadanya dan ketaatan untuk melakukan apa saja yang dimintanya.
Daftar
Pustaka
Abbas, KH. Sirajuddin. 1991. It’iqad
Ahlusunnah wal-jama’ah. Jakarta: Pusataka Tarbiyah.
Abduh, Abdul
salam Muhammad. 1979. Al-Aqaid al-Imaniyah fi al-Aqidah al-islamiyah.kairo:
Matba’ah lutfi.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !